Pages

Friday, May 2, 2014

Fakta unik dan menarik tentang sains

Sains merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang alam dan semua yang ada di alam diantaranya makhluk hidup. Terkadang sains membuat kita bertanya tanya bagaimana itu bisa terjadi. Sebenarnya karena sains lah kita dapat menemukan berbagai penemuan-penemuan yang hasilnya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu jika anda kira bahwa sains adalah ilmu yang membosankan itu tidak benar. Selain karena telah ditemukan banyak penemuan yang bermanfaat, anda tidak akan bosan lagi dengan sains jika anda telah mengetahui Fakta unik dan menarik tentang sains berikut ini.

Jaring Laba-Laba Ternyata Lebih Kuat Dari Baja



Mungkin anda bingung tentang jaring laba-laba yang kadang ada di sudut ruangan itu lebih kuat dari baja. Ini sama halnya dengan film Spiderman yang menggunakan laba laba untuk melindungi dirinya, itu bukanlah mustahil karena semuanya telah dibuktikan berdasarkan sains. Bahkan di Amerika Serikat, tepatnya pada militer di Amerika Serikat sedang berencana untuk merancang dan membuat jaket anti peluru yang bahan dasarnya adalah jaring laba-laba. Jaring laba-laba telah terbukti memang kuat bahkan lebih kuat dari baja sehingga membuat militer di Amerika Serikat ingin membuatnya sebagai jaket anti peluru yang digunakan oleh semua anggota militernya.

Penemuan Kembang Api


Fakta unik dan menarik tentang sains selanjutnya yaitu mengenai kembang api yang kita sering gunakan untuk menghabiskan malam tahun baru. Kembang api pertama diciptakan yaitu pada abad 9 tepatnya di negara China, penemuan kembang api ini berdasarkan dari petasan yang telah dikembangkan sehingga menjadi kembang api. Pada awalnya, seorang koki yang sebenarnya tak sengaja mencampur belerang atau dalam sains dikenal kalium nitrat, kemudian garam peter disebut black powder serta arang kayu. Ternyata setelah tercampur, bahan tersebut bereaksi menjadi bubuk mesiu yang sangat mudah sekali terbakar. Bahan itulah yang merupakan awal terciptanya petasan dan kembang api. Jika bahan tersebut dimasukkan dalam sebuah bambu kemudian bambu tersebut di bakar maka akan menimbulkan suara meledak yang sangat keras.

Massa Jenis Es yang Lebih Ringan dari Air


Mungkin tidak anda ketahui bahwa massa jenis es dan massa jenis air jauh lebih besar massa jenis air. Ternyata masa jenis es jauh lebih ringan dari massa jenis air sebesar 89 persennya. Oleh karena itu es dapat mengapung di permukaan air. Keadaan seperti itu akan menimbulkan es mengapung di laut sehingga menjadi gunung es jika sudah sangat banyak jumlahnya, namun gunung es tersebut ternyata sangat membahayakan terutama bagi kapal yang berlayar di sekitar. Bahkan kapas titanic juga dapat tenggelam karena adanya bongkahan gunung es di laut.


Sumber :http://typho.blogspot.com/2014/04/fakta-unik-dan-menarik-tentang-sains.html.

No comments:

Post a Comment